Nuzulul Qur’an di Universitas Brawijaya

Kamis (25/7), Pusat Pembinaan Agama (PPA) Universitas Brawijaya menyelenggarakan Peringatan Nuzulul Qur’an 1434 H di Gedung Widyaloka Convention Hall. Peringatan Nuzulul Qur’an tahun ini bertemakan “Dengan Nuzulul Qur’an Kita Wujudkan Masyarakat Kampus yang Beradab yang Menjunjung Tinggi Nilai-Nilai Al-Qur’an untuk Menuju Masyarakat Madani”.

IMG_1420

Sedangkan penceramah dalam kesempatan kali ini adalah Dr. H. Abdul Mukti, M.Ed, salah seorang pengajar di IAIN Walisongo Semarang yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PP Muhammadiyah.

Dalam ceramahnya, beliau mengajak segenap umat Islam untuk menjadikan Al-Qur’an bukan hanya sekedar guidance for living, melainkan juga sebagai living guidance, petunjuk yang selalu hidup.

Untuk menjadikannya sebagai petunjuk yang selalu hidup, hendaknya kita melihat bagaimana awal mula Al-Qur’an diturunkan. Ayat yang pertama turun adalah QS. Al-Alaq: 1-5, yang didalamnya termuat perintah untuk ‘membaca’; mengindikasikan bahwa pembangunan peradaban manusia hendaknya dimulai dari pembangunan manusia ilmiah. Yakni bagaimana mewujudkan masyarakat yang melek aksara (literate) dan masyarakat yang memiliki ilmu (melek info).

Ada empat langkah untuk mewujudkannya, dalam kaitannya dengan Al-Qur’an: pertama, hendaknya kita aktif membaca Al-Qur’an; kedua, memahami isi Al-Qur’an baik dari terjemahannya maupun dari tafsirnya; ketiga, mengamalkan isi Al-Qur’an sehari-hari; dan keempat, mendakwahkan isi Al-Qur’an.

Harapannya, dengan peringatan Nuzulul Qur’an kali ini, umat Islam lebih bersemangat untuk mempelajari Al-Qur’an dan mengamalkannya; menjadikannya sebagai pedoman hidup yang selalu hidup.

Salam.

Advertisements

5 thoughts on “Nuzulul Qur’an di Universitas Brawijaya

  1. Rian Piarna July 26, 2013 / 4:27 pm

    Makasih kakak sudah dirangkumin 😀

  2. keceng October 8, 2014 / 12:45 pm

    Semoga barokah mas 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s