Mengenali Rasa Minder

Sahabat, pernahkah kalian merasakan minder? atau mungkin sering?

Jika pertanyaan itu ditujukan kepada saya, maka saya akan menjawab “ya, saya sering minder.”

Entah, mengapa saya seringkali merasa minder. Bagi saya rasa minder adalah suatu penyakit, yang menggerogoti jiwa saya, sehingga jiwa saya akan melemah, tidak berkembang dan bahkan bisa saja mati. Sebagai suatu penyakit, sebelum kita berusaha mengobatinya, kita harus tahu seperti apa penyakit itu dan apa gejalanya.

Minder, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai ‘rendah diri’. Hampir semua orang pernah mengalaminya, tetapi tentu dengan kadar yang berbeda-beda. Nah, di bawah ini ada beberapa gejala yang dialami oleh seseorang yang minder, yang sumbernya berasal dari sini :

 

  • Merasa diri rendah, bodoh, tidak mampu, tidak pantas, dsb.

  • Kesulitan dalam bergaul, susah mendapatkan teman baru.

  • Merasa kurang nyaman jika ada seseorang yang mendekatinya.

  • Tidak berani memulai percakapan atau perkenalan dengan orang lain.

  • Malu mengungkapkan ide atau pendapatnya kepada orang lain.

  • Demam panggung, takut berbicara di depan umum (public speaking phobia).

  • Ketika masuk dalam lingkungan baru, dia cemas dan takut kalau orang-orang di lingkungan baru tersebut menolak atau tidak menyukainya.

  • Suka menyendiri karena merasa tidak ada yang mau berteman.

  • Tegang atau grogi ketika berhadapan dengan orang lain yang baru dikenal sehingga tingkah lakunya terlihat kaku.

  • Merasa bahwa orang lain selalu memperhatikan kelemahannya.

  • Menganggap orang lain lebih hebat daripada dirinya.

  • Membandingkan kelemahan dirinya dengan kelemahan orang lain.

  • Sensitif terhadap perkataan orang lain, meskipun hanya bercanda.

  • Fokus pada kelemahan diri. Orang minder selalu punya seribu alasan untuk menyalahkan atau meremehkan dirinya sendiri.

  • Sering menolak apabila diajak ke tempat-tempat yang banyak orang.

  • Tidak berani menerima tanggung jawab yang besar karena takut gagal.

  • Kecewa pada diri sendiri karena tidak percaya diri, dan marah kepada orang lain yang tidak memperhatikan atau menghargainya.

  • Sering murung, mudah merasa sedih, dan lelah.

  • Kurang semangat dalam menjalani aktivitas dan mudah menyerah.

  • Sering melamun, dan mungkin masih banyak lagi.

Dari beberapa gejala di atas, hampir semuanya sering saya alami. Dengan mengetahui gejala-gejala minder di atas, saya berharap bisa lebih mudah untuk mengobatinya.

Lantas, bagaimana mengobatinya?

Banyak tulisan-tulisan yang membahas cara mengatasi rasa minder, dan itu bisa sahabat cari sendiri. Hehe.

Tetapi jawaban yang paling simple setelah saya bertanya kepada rekan-rekan saya adalah: JANGAN MINDER!

So, ya jangan minder, hehehe

5 thoughts on “Mengenali Rasa Minder

  1. giewahyudi March 7, 2012 / 1:56 pm

    Sebelum mempercayai orang lain, kita memang harus percaya pada diri sendiri..
    Percaya diri saja dan jangan minder..

  2. Idah Ceris March 9, 2012 / 12:48 pm

    kalau minder diantara orang2 pinter itu gmna kak irfan?
    sering terjadi pada diriku iniii ni ni ni ni ni. . . 😦

  3. Abi Sabila March 12, 2012 / 2:35 pm

    sepertinya point ke empat pas banget dengan saya.Ini juga yang sempat kami bahas beberapa hari yang lalu dengan rekan kerja saya. dan untuk urusan yang ia tanyakan jawabannya adalah belum, karena untuk urusan yang ini saya bisa dibilang minder.

  4. kang nur March 14, 2012 / 11:35 am

    Yang baik ya yang tengah-tengah, tidak minder tapi juga tidak berlebihan dalam percaya diri.

  5. Hanggar PS March 20, 2012 / 10:40 pm

    Menurutku kita harus mengubah mindset ketika kita malu untuk melakukan sesuatu berarti kia lemah dalam hal tersebut, Nah ubahlah kelemahan itu menjadi suatu kekuatan

Leave a Reply

