Jangan Tergesa-gesa!

Assalamu’alaikum Sahabat, Selamat Pagi; semoga kabar kalian selalu sehat wal afiat. Saya ingin sedikit bercerita tentang kejadian yang saya alami beberapa hari lalu saat hendak shalat Maghrib di mushola dekat kos-kosan. Iqomah telah dikumandangkan dan shalat Maghrib sebentar lagi dilaksanakan. Seorang laki-laki separuh baya dengan perawakan tinggi besar terlihat berlari karena khawatir tertinggal jamaah. Baju koko warna hitam yang ia kenakan masih sedikit terbuka di bagian atas, sedangkan jari-jemarinya berupaya memasukkan kancing baju ke dalam lubangnya. Kedua kakinya terus melangkah cepat memasuki mushala, dan sreett, laki-laki itu pun masuk ke dalam barisan pertama, takbiratul ihram yang dipimpin oleh imam baru saja berlalu. Ia masih mendapati bacaan Surat Al-Fatihah dari sang imam pada raka’at pertama. Saya pun menyusul, berdiri di samping kiri laki-laki itu, mengikuti segala gerak imam sejak takbiratul ihram hingga salam.

Sahabat, ada satu hal yang ingin saya sampaikan berkaitan dengan cerita di atas, yaitu cara laki-laki tersebut mendatangi sholat dengan berlari atau tergesa-gesa. Kejadian serupa pernah terjadi pada masa Rasulullah SAW. Suatu hari, saat Rasulullah SAW shalat, beliau mendengar suara gaduh di belakang. Seusai shalat Rasulullah SAW bertanya kepada para sahabat, apa gerangan yang telah terjadi, sehingga terdengar suara gaduh pada saat shalat? Para sahabat menjawab: “Kami tergesa-gesa mendatangi shalat”. Rasulullah SAW kemudian bersabda: ”Jika kalian mendatangi shalat hendaklah kalian (berjalan dengan) tenang. Ikutilah raka’at yang dapat kalian ikuti dan sempurnakanlah raka’at yang tertinggal.” (HR Bukhari Muslim).

Tergesa-gesa merupakan sikap yang kurang baik. Orang yang tergesa-gesa secara emosional ingin cepat-cepat menyelesaikan sesuatu, tetapi tanpa diikuti dengan persiapan atau pertimbangan yang matang. Orang semacam ini biasanya tidak bisa mengontrol emosi dan pikirannya, bahkan keduanya dibiarkan kosong. Alih-alih bisa menyelesaikan pekerjaan, kontrol emosi yang tidak baik bisa menyebabkan kegagalan apa yang ia kerjakan, bahkan bisa menimbulkan konflik dalam diri maupun dengan sesama. Barangkali syaitan turut andil dalam kondisi demikian, sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Ketenangan itu dari Allah dan tergesa-gesa itu dari syaitan” (HR. Turmudzi). Nah lho, ternyata syaitan ikut-ikutan; semoga saja kita selalu dimudahkan untuk membaca ta’awudz dalam segala suasana, a’udzubillahi minasy-syaithānirrajim, aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk. Dan biarkan syaitan lari terbirit-birit. Wuss..

Sahabat, bicara tentang sikap tergesa-gesa, mungkin saya termasuk orang yang suka tergesa-gesa. Misalnya saja saat hendak berangkat ke kantor. Karena khawatir terlambat, saya pun tergesa-gesa menyiapkan ini dan itu, keluar dari kamar kos dengan langkah cepat seraya memperhatikan jam dinding. Walhasil, selalu saja ada barang yang ketinggalan dan harus kembali ke kamar untuk mengambilnya. Kalau sudah demikian, waktu yang dibutuhkan akan semakin lama bukan? Nah, maka dari itu kita harus mempersiapkan segala sesuatu dengan tenang dan matang atas apa yang akan kita kerjakan, dan melaksanakan pekerjaan tersebut dengan segera. Karena sikap bersegera berbeda dengan sikap tergesa-gesa. Bersegera menunjukkan adanya persiapan dan pertimbangan yang matang, menyertakan emosi dan pikiran yang tenang, sehingga pekerjaan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Apakah kalian termasuk orang yang bersegera ataukah yang suka tergesa-gesa? Itu pilihan kalian.. ^_^

*****

Masih berkaitan dengan sikap tergesa-gesa dan bersegera; seringkali teman-teman menanyakan tentang kapan saya akan menyempurnakan separuh agama alias merit. Sahabat, dalam masalah seperti ini tentu membutuhkan persiapan tergantung pada diri masing-masing. Perintahnya memang harus disegerakan, tetapi bukan berarti tanpa persiapan dan pertimbangan yang matang sehingga menjadi tergesa-gesa melaksanakannya. Dengan mengambil contoh sederhana, coba bayangkan, bagaimana jadinya ketika mahar (mas kawin) belum disiapkan akibat tergesa-gesa sedangkan akad nikah hendak dilaksanakan. Pasti pengantin pria dan keluarganya akan kelabakan, bingung, dan akad nikah pun tertunda. Atau barangkali bukan maharnya yang belum disiapkan, tetapi pengantin wanitanya belum disiapkan alias belum ada. Nah lho, apa kata penghulu? Hehe.. Untuk paragraf yang terakhir jangan dianggap serius ya, yang pasti saat ini saya masih merasa belum siap dalam banyak hal. Hehe.. *ngeles*

Salam,

Advertisements

15 thoughts on “Jangan Tergesa-gesa!

  1. KANG AZZAM March 23, 2011 / 3:57 pm

    UNTUK USTADS MUJAB,,,JAGAN LUPA MAS-NYA DIBANTU PEDEKATE MA MBAK-E…MAS YAKIN PASTI ADIK-E BISA…..OKE..LEBIH CEPAT LEBIH BAIK…ASAL JANGAN TERGESAH-GESAH…………….

  2. Prima March 27, 2011 / 7:30 am

    aku gak tanya kapan mas nikah lho… wkakakakkaaka….

    tergesa-gesa emang gak baik, jadi sering ada yang ketinggalan, salah, atau macem2 lha…. yang bagus itu cekatan: cepat tapi tepat! *sama aja ya? wkakkakakak

  3. Prima March 27, 2011 / 7:32 am

    Mas, mau tanya sekalian… itu cara bikin widget koleksi foto on Flickr kaya apa? Makasih yo…

    • irfanandi March 27, 2011 / 8:07 am

      hihi,,Mas Prima ada2 aja..
      utk widget Flickr, sdh dr sononya alias sdh disediakan WP, tinggal pasang url akun flickr yg kita punya..
      selamat mencoba..;-)

  4. jasmineamira March 27, 2011 / 8:14 am

    tenang dalam segala hal. tapi tetep aja kadang2 suka tegesa2, padahal hasil dari tergesa2 itu malah suka jelek, asal jadi biasanya. hehehe
    pelan pelan asal selamat yah 😀

  5. irfanandi March 27, 2011 / 8:24 am

    iya mbak, ati2 dijalan, loh..hihi

  6. dheeasy March 28, 2011 / 3:10 pm

    Biar lambat asal selamat, tapi kalau bisa segera kenapa harus ditunda… 😀

    • irfanandi March 30, 2011 / 5:56 am

      sekalian jd tukang adzan,,hihi

  7. Asop March 31, 2011 / 9:08 pm

    Hehehe, nyambung juga ke menikah… :mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s