Refleksi 25 Tahun

Hari ini, 8 Desember 2010, usia saya memasuki 25 tahun, tanpa kue yang bersematkan lilin untuk ditiup, tanpa lagu “panjang umur” yang dinyanyikan oleh orang-orang terdekat, karena memang saya tidak mengharapkan itu semua. Meskipun ada beberapa sahabat yang mengucap kata Barakallahu lak, berharap keberkahan terlimpah pada diri saya; semoga keberkahan juga terlimpah bagi mereka. Amiin. Hari ini pula, kehangatan Tahun Baru 1432 H masih dirasakan oleh sebagian umat Islam, yang memeriahkannya tanpa gegap gempita bertabur letusan kembang api di udara, yang ada adalah peringatan bernuansakan perenungan dan pemaknaan kembali konsep hijrah. Bukan hijrah fisik, melainkan hijrah mental, min adh-dhulumat ila an-nuur, dari gelap menuju terang. Itu yang kita harapkan, semoga.

Dua momen tersebut, usia 25 tahun dan Tahun Baru Hijriah, saya anggap sangat penting. Ini momen untuk berubah, bolehlah jika disebut hijrah. Kita tahu bahwa Muhammad pergi ke Syam untuk menjalankan misi dagang di usianya yang ke-25, sama dengan usia saya sekarang. Dan ia dikenal sukses menjalankan misi itu, dengan keuntungan berlimpah. Dua bulan sepulang dari Syam, ia menikah dengan Khadijah, pemilik barang dagangan yang ia jalankan. Khadijah kagum dengan kejujuran Muhammad, cerminan akhlak mulia. Saya memang sangat jauh berbeda dengan Muhammad, namun setidaknya bisa mengambil pelajaran dari prestasi yang diraihnya di usia 25 tahun tersebut. Prestasi kerja, prestasi akhlak, prestasi cinta.

Saya masih biasa-biasa saja dalam hal pekerjaan, Alhamdulillah¸ sudah 5 bulan lebih mengabdi, bisa mencukupi dan berbagi. Namun, bila dibandingkan dengan sahabat-sahabat yang lain, saya masih kalah jauh, bukan masalah gaji, melainkan kontribusi. Saya ingin berkontribusi lebih banyak lagi untuk perbaikan umat di negeri ini. Dalam masalah akhlak, semisal kejujuran, boleh dikata jauh panggang dari api. Seringkali masih suka membohongi diri. Astaghfirullah. Demikian juga dengan akhlak baik yang lain. Sedangkan dalam masalah cinta, biarlah menjadi rahasia hati saya dan Allah tahu segalanya.. ^_^ Yang pasti, di usia 25 tahun ini, saya berharap ada perubahan yang lebih baik dalam diri saya, baik fisik maupun mental. Yang dulu masih kurus (hehe..), harus lebih berisi dengan minum nutrisi. Yang dulu masih penakut, suka minder dan kekanak-kanakan, harus lebih berani dan lebih dewasa. Mengoptimalkan keduanya untuk meraih prestasi kerja, akhlak dan juga cinta. Mumpung tahun baru juga, tidak lupa untuk memperbaiki amal ibadah, harus lebih banyak dan berkualitas, ikhlas. Dan satu hal yang tidak kalah penting adalah untuk mulai memikirkan penyempurnaan separuh agama, meraih prestasi cinta. Hihi.. Mulai sekarang, dibuka lowongan, sila daftar di toko-toko terdekat..

Ini hanya sekedar refleksi diri yang saya tuangkan dalam tulisan. Kalau hanya diangankan saja, kurang berasa tentunya. Kalau ada yang kurang berkenan, diskip saja tulisan ini. Kalau ada yang mendoakan untuk tercapainya harapan, yakinlah malaikat akan berkata, “dan bagimu juga.”, semoga Allah mengabulkan do’a kita.

Salam Hijrah, Selamat Tahun Baru 1432 H.. ^_^

Advertisements

8 thoughts on “Refleksi 25 Tahun

  1. Arip Le December 8, 2010 / 8:37 am

    Assalaamu’alaikum wr wb.
    Pan,,,

    • irfanandi December 8, 2010 / 12:46 pm

      Wa’alaikumussalam,,
      Rif.. hehe

  2. Najwa Zuhur December 9, 2010 / 12:06 pm

    Assalamu’alaikum warohmatuLLAH wabarokatuh. Hhhmmmmm… Y shohiby, smoga didekatkan dan dibersatukan y. Kami dukung do’aaaaaaa… ^_^ *ini note dari hati banget kaya’nya, hee… All the best

  3. duin January 30, 2011 / 5:41 am

    nice. ksemoga tercapai seluruh cita-citanya. amin !

  4. Mbah Jiwo February 1, 2011 / 6:41 am

    hei sudah lama ga posting ya…

  5. irfanandi February 1, 2011 / 2:34 pm

    @Najwa
    Wa’alaikumussalam Warahmatulloh Wwabarakatuh..
    Hehe.. Amiin..

    @Duin
    trims Mbak..

    @Mbah
    iya mbah,hbs nulis yg diatas, kok tmbh males yo..

    • irfanandi February 12, 2011 / 10:57 pm

      lg males nulis mbak..hehe. oke, ditunggu ya.. 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s