Memaknai Alam dengan Mata Kamera

Dan katakanlah, “Segala puji bagi Allah, dia akan memperlihatkan kepadamu tanda-tanda kebesaran-Nya, maka kamu akan mengetahuinya. Dan Tuhanmu tiada lalai dari apa yang kamu kerjakan.” (QS. An-Naml: 93)

canon_powershot_a480Pada tulisan terdahulu, sedikit telah saya ulas tentang beberapa kemampuan tersembunyi dari Canon Powershot A480, kamera digital sederhana dengan harga murah. Ya, kamera digital ini memang sederhana dan murah, namun memiliki kemampuan luar biasa jika kita mau mendalaminya. Demikian halnya dengan alam di sekitar kita, yang nampak begitu sederhana, namun sebenarnya memiliki keindahan yang luar biasa yang menyiratkan kesempurnaan sang penciptanya. Alam, baik dalam skalanya yang besar maupun skala yang kecil, diciptakan Allah tidak dengan sia-sia. Kesemuanya menjadi tanda-tanda kebesaran Allah yang diperlihatkan kepada umat manusia, dan termasuk golongan ulul albab bagi mereka yang mau memikirkan (bertafakur) akan kehebatan penciptaan alam semesta oleh Allah lantas tunduk beriman kepada-Nya. Mensyukuri segala kenikmatan penciptaan diri dan alam semesta, mewujud dalam tingkah laku yang dibenarkan oleh syariat agama Islam yang mulia.

Memiliki kamera digital sederhana sekalipun, perlu disyukuri sebagai sebuah kenikmatan dari Allah, hadza min-fadhli Rabbi, ini adalah karunia dari Allah; lantas menggunakannya untuk sesuatu yang bermanfaat bagi diri dan orang lain. Salah satunya untuk Memaknai Alam: memotret berbagai keindahan alam di sekitar kita, mulai ukuran sangat kecil hingga yang besar, kemudian memunculkan rasa kekaguman dalam diri seraya berucap “Subhanallah”, Allah yang Maha Sempurna telah menciptakan alam dengan sempurna dan indah.

Maka, nikmat manakah yang engkau dustakan?

Mari memaknai alam dengan mata kamera, Discover the Beautiful of Nature. Inspire the Exalted Signs of ALLAH”

Advertisements

2 thoughts on “Memaknai Alam dengan Mata Kamera

  1. isti14 September 8, 2012 / 10:19 pm

    ini juga sama persis kayak punya saya tapi punya saya warnanya merah hehe.. pernah sekali jatuh sakit saat dipegang sama keponakan. kameranya kayak ngadat gak bisa masuk.. tapi akhirnya sudah sembuh. #curhat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s