Beralih Menggunakan .co.cc (1)

Dua tahun lebih belajar ngeblog, bukan berarti sudah pandai dalam masalah blog. Buktinya, blog (lama) saya, www.erfandi.wordpress.com jarang saya buka apalagi diisi dengan postingan. Maklum, sampai sekarang belum memiliki fasilitas internet sendiri ditambah malas untuk membuat postingan (walaupun hal ini sebenarnya bukan kendala untuk tetap aktif ngeblog); dan jarang jalan-jalan ke blog orang lain. Sepi, demikian kesan yang ada. Terlepas dari itu semua, saya tetap berharap bisa belajar ngeblog lebih lanjut, termasuk membuat blog pribadi dengan domain dan hosting tersendiri. Nah, kira-kira satu bulan yang lalu saya mencoba merealisasikannya dengan dipandu tutorial ini. Karena masih belajar, saya menggunakan fasilitas gratisan. saya mendaftarkan diri untuk mendapatkan nama domain (lebih tepatnya sub-domain) di .co.cc, sedangkan untuk tempat hosting gratisan saya menggunakan www.000webhost.com. Proses registrasi keduanya berjalan lancar. Akan tetapi saat hendak meng-upload file wordpress (kebetulan saya menggunakan wordpress 2.9.2), saya kesulitan untuk menggunakan file manager di tempat hostingnya. Akhirnya saya mencoba menggunakan aplikasi FTP Filezilla client. Setelah selesai upload, ternyata tidak bisa dijalankan karena terjadi kesalahan (kesalahan sederhana yang tidak saya pahami), hingga saya harus berkali-kali upload. Tetap saja tidak bisa dijalankan. Sejenak mencoba memahami apa yang salah, dan ternyata kesalahan sederhana itu bisa diatasi, dan wordpress pun akhirnya terinstall dengan baik. Blog tersebut pun berhasil dipublikasikan dengan alamat www.irfanandi.co.cc. Tentunya, saran dan kritik dari sahabat-sahabat sangat saya butuhkan untuk terus belajar khususnya dalam hal ngeblog.

Leave a Reply

